e-Gov

Membangun E-Government Dengan Database Terintegrasi

Electronic-Government adalah sistem administrasi pemerintahan yang dijalankan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik. Sejalan dengan meningkatnya tuntutan masyarakat di era reformasi terhadap pelayanan publik yang ekonomis, efisien, efektif, transparan, akuntabel dan responsif. Serta berlakunya Undang-undang Nomor 22 dan 25 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Ditambah lagi adanya PP Nomor 105 Tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah pasal 8 disebutkan : APBD disusun dengan pendekatan kinerja, dan disyaratkan pada pasal 20 ayat 2 bahwa : “Untuk mengukur kinerja keuangan Pemerintah Daerah dikembangkan Standar Analisa Belanja, Tolok Ukur Kinerja dan Standar Biaya”. Serta adanya Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 29 tahun 2002. Telah memberikan hak otonomi kepada pemerintah daerah kabupaten untuk mengembangkan sistem administrasi kepemerintahan secara lebih baik. Pemanfaatan e-government mencakup 3 (tiga) aspek layanan inti, yaitu :

  1. G2G (Government to Government) adalah layanan pemerintah antar pemerintah atau di lingkungan pemerintah. Artinya semua bidang koordinasi antar instansi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi elektronik antara lain melalui jaringan internet / intranet dengan satu server pusat database, sehingga meningkatkan kinerjanya.
  2. G2B (Government to Business) adalah layanan pemerintah kepada dunia bisnis dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah. Dunia bisnis akan lebih tertarik untuk menanamkan investasinya karena adanya layanan pemerintah yang lebih baik dan modern.
  3. G2C (Government to Community) adalah layanan pemerintah kepada masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan akses layanan dengan cara yang lebih transparan dan cepat serta tidak berbelit-belit. Misalnya pelayanan bidang pengurusan KTP, pengurusan keuangan daerah, dll.

Aplikasi sistem informasi e-government terdiri dari sejumlah modul aplikasi komputer yang terintegrasi, di mana databasenya terpusat di dalam suatu server database, jadi aplikasinya tidak terpencar-pencar. Setiap modul memuat proses-proses manajemen pemerintahan yang standar operasinya dipelajari, dianalisa, lalu dituangkan ke dalam desain aplikasi, dari sejumlah peraturan dareah. Aplikasi tersebut akan menjadi sarana yang memungkinkan terselenggaranya pemerintahan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat umum secara lebih baik (good governance), transparan, efisien, dan terpercaya, sebagaimana dituntut oleh Undang-Undang tentang Otonomi Daerah.

Dengan adanya aplikasi e-government yang terintegrasi dan database yang dibuat dengan basis internet (web) akan menjadikan kabupaten yang memiliki e-government sebagai kabupaten yang dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan pelaku bisnis. Dengan demikian akan menumbuhkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat dan kalangan bisnis yang pada akhirnya akan meningkatkan juga terhadap perolehan PAD karena tumbuhnya peluang usaha di kabupaten.

Tentang massawig

Get Connected
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke e-Gov

  1. Mr WordPress berkata:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s